Mengendalikan Batasan Akses Aplikasi pada HP Android

Apakah ada seseorang yang sedang memata-matai Anda? seperti yang telah dilakukan oleh Australia atau NSA, yang bukannya berhenti memata-matai tapi malah melancarkan aksi-aksinya dalam mengambil data perangkat ponsel dan menjadikannya sebagai alat mata-mata. Sebuah laporan yang cukup mengejutkan muncul yang mengatakan bahwa para mata-mata ini telah mengambil data-data para pengguna melalui aplikasi seperti Facebook, aplikasi yang dapat mengakses kontak data Anda dapat merekan ambil dengan sangat mudah. Bahkan aplikasi seperti Skype yang dapat mengakses kamera dapat mereka jadikan sebagai alat mata-mata, mereka dapat mengambila alih kamera perangkat Anda sebagai alat pengintai tanpa Anda sadari

Untungnya, sistem operasi Android memungkinkan Anda untuk benar-benar mengontrol apa yang dapat mengakses setiap aplikasi yang ada pada ponsel Anda (memberi batasan akses). Untuk melakukannya, Anda tidak perlu root dan Hackery, dan semua itu dapat Anda lakukan melalui aplikasi sederhana yang bebas Anda download di Google Play (link sumber dibawah ini).

Salah satu aplikasi tersebut adalah AppOps, dan aplikasi ini dapat berjalan pada semuan versi Android. AppOps dapat melacak perilaku semua aplikasi Anda, sehingga Anda dapat benar-benar melihat aplikasi tersebut mengakses sistem Android dan seberapa sering aplikasi tersebut berjalan. Tidak ingin Facebook atau twitter untuk mengakses lokasi Anda? cukup menonaktifkan izin lokasi dari dalam AppOps. Tidak ingin aplikasi senter untuk mendapatkan data lokasi Anda? Nonaktifkan izin dari AppOps.

Nah, cukup mudah bukan? Anda dapat mengatur semua ijin setiap aplikasi Anda melalui aplikasi ini.
Sumber: http://www.techsimo.com/2013/12/cara-menghentikan-android-mengambil.html

Tidak ada komentar: